Rabu, 12 Agustus 2015

Masalah stater ninja 250R (Ninja 250R Switch Starter Problem)

Masalah stater sering terjadi pada Ninja 250R, kadang sekali tekan tombol start langsung nyala, kadang berkali-kali hanya bunyi cetak cetek, mau di engkol tidak ada engkolnya hehehe, mau didorong tidak mungkin karena Ninja 250R memiliki fitur unik khas Kawasaki : Positive Neutral Finder (PNF). Fitur ini mempermudah Rider untuk menemukan gear Normal, pd saat berhenti tidak akan bisa dimasukkan gigi 2 jd gak mungkin lah dorong pakai gigi 1.
Setelah saya periksa dengan seksama penyebab kerusakan starter, antara tombol starter, switch starter dan dinamo starter maka kesimpulan penyebabnya adalah kerusakannya ada pada bendik/switch starternya hal ini dibuktikan ketika di jumper kabel terminalnya dinamo stater nyala.
Awalnya switch starter akan diganti, tapi mengingat  setelah telp ke Beres kawasaki stok tidak ada dan harganya pun cukup lumayan sekitar Rp.380 ribu, akhirnya diputuskan mengganti switch starter pakai relay lampu mobil, lumayan dapat berhemat hahaha kan harga relay sekitar Rp30 sd Rp50 rb.
Setelah dilihat sikring stater yang tertera 30 Ampere berarti bisa dipakai relay lampu merk Bosch atau Hella yang 30 Ampere.
Cara pasang
pertama lepas terminal accu positif, Bendik/switch lama tetap dipasang karena terdapat main fuse / sikring utama. buka soket yang terdapat 3 kabel, lepaskan kabel kuning strip merah dan kabel hitam strip hijau dari soketnya dengan obeng kecil sehingga terlihat terminal kuningannya.Kabel putih biarkan tetap pada soketnya.




 Setelah itu pada gambar dibawah ini : kode relay 30 dan 87 hubungkan  ke konektor aki dan konektor dinamo starter kabel besar (Baut Ukuran 10mm), dalam pemasangan usahakan pakai sekun-sekun kuningan kalau perlu disolder biar  mantap.


sementara dua kabel kecil switch starter ygang telah dilepaskan dari soket ( warna kuning strip merah dan hitam strip hijau) tinggal tancapkan/ dihubungkan ke relay kode angka 85 dan 86.

 Rapikan dan tutup kabel dengan isolasi agar tidak terjadi korslet. Setelah itu pasang kembali terminal positif accu dan coba hidupkan stater......... Bruuumm...........Semoga info ini bermanfaat

5 komentar:

  1. Punya saya sering susah nyala padahal sudah ganti benick supra lemah apa gimana ya

    BalasHapus
  2. Motor saya susah hidup bg.
    Kalau di starter bunyi cetek " Apa aja kerusakan ny bg,, mohon info ny bg

    BalasHapus