Rabu, 12 Agustus 2015

Mengatasi bunyi Rantai keteng (Timing chain) Ninja 250R modal seribu rupiah

Timing chain atau rantai keteng kawasaki ninja 250R kerap kali kendur/ molor, biasanya menimbulkan bunyi bergesekan atau bersuara tek-tek kasar pada mesin sebelah kanan. Bunyi tsb disebabkan rantai keteng yg menampar dinding blok.
rantai keteng cepat kendor apabila motor sering dipakai tarik-tarikan atau gaya mengendara  mengurangi kecepatan dengan engine break secara ekstrem.
Sebenarnya insinyur kawasaki sudah mengantisipasi hal tsb dengan menambahkan setelan rantai keteng (Otomatis cam chain tensioner) di sisi belakang blok silinder sebelah kanan. 
Cam chain tensioner ini bekerja otomatis dan sebetulnya bebas perawatan/ tidak usah disetel karena menggunakan per (pegas) akan tetapi lama kelamaan kekuatan per/pegas akan berkurang sehingga kurang menekan maksimal. 
Banyak yang mengalami mesin kasar dan beranggapan harus ganti rantai keteng "padahal" harganya kurang lebih  Rp400rb an loh, belum termasuk ongkos turun mesin, ganti oli atau sparepart lain yg ditemukan aus pada saat turun mesin
Sebelum keburu menebus rante keteng baru dan mengeuarkan ongkos turun mesin lebih baik terapkan trik sederhana ini menggunakan uang logam Rp.1000,- iyaaa... seribu rupiah dan bisa dilakukan sendiri.

Caranya
Pertama lepaskan fairing hehehe
Setelah itu buka baut 10mm penutup Cam chain tensioner
selanjutnya kendorkan sedikit 2 baut ukuran 8mm dan ganjal /selipkan uang logam Rp.1000, diantara cam chain tensioner dan blok.
 Setelah uang logam terjepit "RESET" Cam chain tensioner dengan cara masukkan obeng kecil/ tespen tekan kedalam dan putar searah jarum jam sampai mentok. 
akan terasa pegas/per tertarik setelah mentok tahan sebentar dan tarik obeng keluar secara tiba-tiba.
Per/pegas akan meregang kembali dan mendorong tonjokan cam chain tensioner lebih panjang/setara ketebalan uang logam (kira-kira 1mm) 
Setelah itu ambil uang logam dan kencangkan 2 buah baut 8mm dan pasang kembali baut 10mm.
Coba hidupkan motor pasti bunyi berisik akan berkurang.

Sebenarnya yang lebih akurat memakai alat ukur Feeler gauge dan metode trial error, artinya coba dulu ketebalan pengganjal ukuran 2mm, apabila pada saat dikencangkan 2 buah baut 8mm terasa berat berarti kurangi ketebalan pengganjal menjadi 1,8 mm, apabila dikencangkan masih terlalu berat kurangi lagi ketebalan sampai mendapat setelan yang pas.

Hal-hal yang harus diperhatikan 
disarankan jangan mengganjal lebih dari  ketebalan 2mm
untuk rantai keteng yang sudah sangat kendor sebaiknya diganti saja.
Jangan mengendurkan baut 8mm terlalu banyak, pada kasus rantai keteng yang terlalu kendor mengendurkan baut 8mm terlalu banyak atau bahkan melepaskan baut 8mm akan menyebabkan timing klep berubah, rantai loncat dari gigi bisa fatal akibatnya.
Penjelasan tentang cara kerja Cam chain tensioner dapat dilihat di https://www.youtube.com/watch?v=TYnO_T5jQX0] 
Selamat mencoba...

2 komentar:

  1. Caesars Sportsbook Launches New Sportsbook in Pennsylvania - Dr
    The Caesars 순천 출장안마 Sportsbook is launching in PA. It will be available through 부산광역 출장안마 a mobile app, and a 전라남도 출장안마 $1000 Risk Free Bet 계룡 출장샵 will 인천광역 출장마사지 be awarded.

    BalasHapus
  2. Casino Royale - Live Dealer Games - Virgin Games
    Casino Royale is bsjeon a live casino with a large, eclectic portfolio of ventureberg.com/ casino septcasino.com games. Players https://deccasino.com/review/merit-casino/ can play https://vannienailor4166blog.blogspot.com/ this game with live dealers,

    BalasHapus